KOMPARATIF FAKTOR PENYEBAB KONVERSI AGAMA DARI HINDU KE KRISTEN PROTESTAN DI DESA SUMBERSARI DAN DESA BALINGGI JATI

  • Agus Budi Wirawan STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: komparatif, Faktor penyebab, Konversi Agama, Hindu ke Kristen Protestan

Abstract

Transmigran asal Bali menempati berbagai wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah. Para transmigran yang beragama Hindu banyak mengalami konversi agama ke Kristen Protestan di Desa Sumbersari dan Desa Balinggi Jati. Berdasarkan fenomena tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan: bagaimana perbandingan antara faktor penyebab konversi agama dari Hindu ke Kristen Protestan yang terjadi di Desa Sumbersari dan Desa Balinggi Jati Kabupaten Parigi Mautong?

Rencana penelitian ini penelitian deskritif kualitatif sehingga teori yang digunakan untuk membedah rumusan masalah adalah terori aksi dan teori faktor penyebab konversi,. Lokasi penelitian di Kabupaten Parigi Mautong. Teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan dan wawancara mendalam kepada informan, penentuan informan dengan prosedur purposif. Selain itu juga menggunakan teknik dokumenter dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah komparatif.

Hasil penelitian ini adalah: komparatif faktor penyebab konversi agama di Desa Sumbersari dan Desa Balinggi Jati dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu 1) faktor pendidikan, 2) faktor ketidakpuasan atas adat dan pemimpin keagamaan, 3) faktor sosiologis dan, 4) faktor psikologis.

References

DAFTAR PUSTAKA
Achmad, Nur. 2001. Pluralitas Agama: Kerukunan dalam Keragaman. Jakarta: Kompas.
Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta
Aryadharma, Ni Kadek Surpi. 2011. Membedah Kasus Konversi Agama di Bali. Surabaya: Paramita.
Balipost.com. 2012. Sejak 1953 Bali Kirim 56. 036 KK Transmigran (dalam Balipost.com diakses tanggal 24 Juni 2013).
Merthawan, I Gede. Peranan Keluarga Hindu Dalam Mengantisipasi Perpindahan Agama Melalui Perkawinan Pada Kalangan Remaja di Kota Palu. Laporan penelitian Dosen. Tidak diterbitkan.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ritzer, G. dan Douglas J. Goodman. 2004. Teori Sosiologi Modern. Edisi Keenam. Jakarta: Kencana.
Setiadi, Elly M. dan Usman Kolip. 2011. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana.
Soekanto, Soerjono. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Suardana, I Nyoman, dkk. 2012. Bersinar dan Menjadi Berkat Sejarah Kehadiran Jemaat GPID Eben-Haezer Sumbersari dan Kiprahnya di Sulawesi Tengah. Sumbersari: GPID Eben-Haezer Sumbersari.
Wijaya, Nyoman. 2012. Merayap di Akar Rumput. Yogyakarta: Yayasan Samaritan bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Wirawan, Agus Budi. 2014. Faktor Penyebab dan Proses Konversi Agama (Studi Kasus Konversi Agama dari Hindu ke Kristen Protestan di Desa Sumbersari Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong). Laporan Penelitian Kompetitif Dosen S2. Tidak Diterbitkan. Palu: STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Published
2017-06-12
How to Cite
Wirawan, A. (2017). KOMPARATIF FAKTOR PENYEBAB KONVERSI AGAMA DARI HINDU KE KRISTEN PROTESTAN DI DESA SUMBERSARI DAN DESA BALINGGI JATI. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 8(1), 49-60. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v8i1.218