KEBERADAAN PURA AIR PANAS DI DESA KASIMBAR BARAT KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG

KAJIAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU

  • I Nyoman Suparman STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: keberadaan, pura air panas

Abstract

        Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana sejarah Pura Air Panas Desa Kasimbar Barat Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong? (2) Bagaimana fungsi Pura Air Panas Desa Kasimbar Barat Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong? (3) Nilai-Nilai pendidikan Agama Hindu apa yang dikembangkan di Pura Air Panas Desa Kasimbar Barat Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong?.Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Untuk memahami sejarah Pura Air Panas Desa Kasimbar Barat.(2) Untuk mengetahui fungsi Pura Air Panas Desa Kasimbar Barat.(3) Untuk memahami Nilai-Nilai pendidikan Hindu yang dikembangakan di Pura Air Panas Desa Kasimbar Barat.

        Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: (1) Teori Religi (2) Teori Fungsional,dan (3) Teori Nilai.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: Wawancara,Tehnik Observasi, Dokumentasi dan Kepustakaan. Serta data yang telah terkumpul dianalisa mengunakan Tehnik data Deskritif Kualitatif.

        Hasil penelitian ini:(1) Sejarah Pura Air Panas, Keberadaannya  diawali  petunjuk secara gaib atau pawisik untuk bisa memelihara mata Air Panas, Fenomena tersebut yang kemudian melatar belakangi terbentuknya Pura Air Panas inilah yang menjadikan keyakinan masyarakat tumbuh semakin kuat untuk lebih meyakini bahwa ada kekuatan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dibalik kekuatan manusia yang bila dilanggar maka dapat mengakibatkan kesengsaraan dan   akan lebih menuntun masyarakat mencapai kemakmuran dan Keyakinan merupakan modal utama dalam mencapai kebahagiaan. Pura Air Panas Desa Kasimbar  memiliki fungsi sebagai: 1. Fungsi Relegius, 2. Fungsi Sosial, 3. Fungsi Pendidikan.  Pura ini mengembangkan Nilai-Nilai Pendidikan,yaitu Nilai Pendidikan Tatwa,Nilai Pendidikan Etika ,Nilai Pendidikan Upacara  dan Nilai Pendidikan Estetika.

References

Cudamani.1993.Pengantar agama Hindu. Jakarta: Hanuman sakti
--------------. 2008.Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Ghindawani, Hira.D (Pent).2005.Agama Hindu Universal.Bunga Rampai Pemikiran dan Kisah Swami Vivekananda. Jakarta: Media Hindu
Koentjaraningrat.1985. Ritus Peralihan di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
-------------------.2002. Ritus Peralihan di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sukrawati, Ni Wayan dkk. 2007. Kaedah Beryajna Orang-Orang Suci dan Tempat Sici. Surabaya: Paramita
Sudarta, Tjok. R dan I B. Punia Atmaja, 2001. Upadesa Tentang Ajaran-ajaran Agama Hindu. Surabaya: Paramita
Titib, I Made. 1996. Veda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan. Surabaya: Paramita
Wiana, I Ketut. 2004. Mengapa Bali Disebut Bali?. Paramita: Surabaya
-----------------. 2009. Cara Belajar Agama Hindu Yang Baik. Denpasar: Pustaka Bali Post.
Published
2017-12-11
How to Cite
Suparman, I. (2017). KEBERADAAN PURA AIR PANAS DI DESA KASIMBAR BARAT KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 8(2), 18-29. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v8i2.222