PENGGUNAAN CANANG SARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AGAMA DAN IPA DI KELAS V PASRAMAN JAGADNATHA PALU

  • I Ketut Kertayasa STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Ni Made Mega Hariani STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Ni Gusti Ayu Putu Ermayanti STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: canang sari, hasil belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Agama dan IPA di kelas V Pasraman Jagadnatha Palu melalui penggunaan canang sari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V dengan jumlah siswa 25 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Hasil tindakan siklus I diperoleh data dari 25 orang siswa, yang belum tuntas 9 orang dan yang tuntas 16 orang. Persentase nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 71.00%, dan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 64.00%. Sedangkan siklus ke II meningkat, diperoleh 22 orang yang tuntas dan 3 orang yang tidak tuntas. Persentase nilai rata-rata siswa 80.40% dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 88.00%.

References

Ahdiyana, M. (2015). Meningkatkan Kepedulian terhadap Kelestarian Lingkungan Hidup melalui Pemilahan Sampah Mandiri. Jurnal Ilmiah Fise UNY, 1-12.

Amase, A., Nurhidayati, S., & Adawiyah, S. R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MA. Hidayatussibyan. NW. Sengkerang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan MIPA, 1-7

Ardian, S. (2015). Pelestarian Lingkungan. Ganec Swara, 144-153.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Astuti, P. S. (2015). Pelaksanaan IBM Canang Sari sebagai Sarana Ritual Hindu di Denpasar. GaneƇ Swara, 135-139.

Darta, I. K. dan Duwijo. (2014). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti.. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Depdiknas. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Dianawati, W., & Mustika, M. D. (2016). Analisis Pengaruh Pengeluaran Konsumsi Pedagang Canang di Pasar Tradisional Kecamatan Denpasar Barat. E-Jurnal EP Unud, 530-556.

Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Jaya. Jakarta.

Edi, I. N. (2013). Persembahyangan Sehari-Hari. Percetakan Bali. Bali.

Kemendikbud, (2013). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar. Jakarta
Published
2019-08-16
How to Cite
Kertayasa, I., Hariani, N. M., & Ermayanti, N. G. (2019). PENGGUNAAN CANANG SARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AGAMA DAN IPA DI KELAS V PASRAMAN JAGADNATHA PALU. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 8(2), 30-38. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v8i2.223