PENGEMBANGAN WORKBOOK PADA TEMA SISTEM TRANSPORTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Putu Satya Narayanti STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Parlindungan Sinaga Universitas Pendidikan Indonesia
  • Taufik Rahman Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: pengembangan,, workbook,, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan workbook pada tema sistem transportasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP Kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development (RnD) Thiagarajan dengan desain penelitian kuasi-eksperimen. Tahapan penelitian ini terdiri dari tahap 1 define; tahap 2 design; tahap 3 development; tahap 4 dissemination. Aspek keterampilan berpikir kritis dalam penelitian ini mengacu pada kerangka kerja Robert H.Ennis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa workbook yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan perolehan N-gain berturut-turut sebesar 0,68 dan 0,66 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan  hasil perhitungan uji dampak, diperoleh nilai 1,57 untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis sehingga termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan, workbook  yang telah dikembangkan ini efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII.

References

Association, N. E. (2012). Preparing 21st century students for a global society: An educator’s guide to the “Four Cs.” In Alexandria, VA: National Education Association.
Beyer, B. (1987). Practical Strategies for the Teaching of Thinking, Boston: Allyn an Bacon, INC.
Chingos, M. M., & Whitehurst, G. J. R. (2012). Hoosing lindly.
Dudduan, C., Nirat, & Sumalee, C. (2015). Development of learning management model based on constructivist theory and reasoning strategies for enhancing the critical thinking of secondary students. Educational Research and Reviews, 10(16), 2324–2330. https://doi.org/10.5897/err2015.2193
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability. Informal Logic, 18(2), 165–182. https://doi.org/10.22329/il.v18i2.2378
Fraenkel, Wallen, Hyun, (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York : McGraw-Hill.
Haloho, F., & Wiyono, K. (2016). Pengembangan Buku Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Materi Optika Geometri Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1),
Published
2018-06-11
How to Cite
Narayanti, P., Sinaga, P., & Rahman, T. (2018). PENGEMBANGAN WORKBOOK PADA TEMA SISTEM TRANSPORTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 9(1), 20-29. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v9i1.230