PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEHADIRAN SISWA HINDU DI PASRAMAN WIDYA SANTHI BUANA DESA SAUSU PEORE KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG

  • Gede Merthawan STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Pasraman,, Peran Orang Tua,, Kehadiran Siswa

Abstract

 

Tujuan khusus penelitian yaitu: (1) Untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan kehadiran Siswa Hindu Di Pasraman Widya Santhi Buana Desa Sausu Peore Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan kehadiran Siswa Hindu Di Pasraman Widya Santhi Buana Desa Sausu Peore Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. (3) Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan kehadiran Siswa Hindu Di Pasraman Widya Santhi Buana Desa Sausu Peore Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data adalah reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah teori motivasi, teori tindakan beralasan dan teori behaviorisme.

Hasil penelitian dinyatakan bahwa (1) Peran orang tua dalam meningkatkan kehadiran siswa Hindu di Pasraman Widya Santhi Buana Desa Sausu Peore Kabupaten Parigi Moutong sebagai berikut memotivasi anak, memberikan fasilitas belajar, menyediakan dan mencarikan alat transportasi. (2) Kendala-kendala yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan kehadiran siswa Hindu di Pasraman Widya Santhi Buana Desa Sausu Peore Kabupaten Parigi Moutong sebagai berikut :  kendala jarak, kendala waktu, kendala tenaga pengajar. (3) Upaya-upaya orang tua dalam meningkatkan kehadiran siswa Hindu di Pasraman Widya Santhi Buana Desa Sausu Peore Kabupaten Parigi Moutong sebagai berikut : membagi waktu, memberi perhatian, menambah jumlah tenaga pengajar.

References

Ngalim Purwanto, 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya
Pertiwi. Kadek Puspa. 2015. Peran Orang Tua asuh dalam pendidikan informal untuk memotivasi belajar mahasiswa di Kota Palu.
Santrock, 2003.Perkembangan Remaja. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Titib, I Made. 2003. Menumbuhkembangkan Pendidikan Budhi Pekerti Pada Anak. Jakarta: Ganeca Exact.
Published
2018-06-11
How to Cite
Merthawan, G. (2018). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEHADIRAN SISWA HINDU DI PASRAMAN WIDYA SANTHI BUANA DESA SAUSU PEORE KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 9(1), 37-41. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v9i1.235