FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN GANDA WANITA HINDU DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK

  • I Nyoman Suparman STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Faktor yang memengaruhi, Peran Ganda Wanita Hindu, Kebutuhan Pendidikan Anak

Abstract

Peran perempuan adalah peran perempuan sebagai ibu rumah tangga. Karakteristik feminin yang dianugerahkan oleh perempuan sebagai ibu rumah tangga. Atribut feminis yang diberikan pada alam oleh wanita memberinya kemampuan khusus untuk melakukan pengasuhan, pendidikan, kasih sayang, kasih sayang, kesabaran, ketekunan dan kesetiaan.Jadi, secara alami, mereka mengalami guncangan emosional yang dialami pria, tetapi juga secara alami ditakdirkan untuk menerima tugas rumah tangga. Peranannya sangat penting dan semakin kompleks. Waktu ini menambah kesibukan mereka, itu telah meninggalkan rumah dalam waktu mereka dalam mengelola rumah tangga termasuk pendidikan anak-anak mereka yang memainkan tugas di lingkungan keluarga. Dari latar belakang ini, masalah dapat dirumuskan, yaitu (1) Apa faktor peran ganda Hindu bagi perempuan dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak? (2) Apa efek dari faktor peran ganda wanita Hindu terhadap pendidikan anak-anak? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran anak-anak pada wanita. pengaruh faktor peran ganda wanita Hindu pada pendidikan anak-anak. Metode yang digunakan. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi: Jumlah pendapatan keluarga, frekuensi kerja, dan jumlah tanggungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan dan signifikan terhadap peran ganda wanita Hindu dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak. ganda sebagai pedagang yang memiliki tingkat pendidikan 18 karyawan sebagai karyawan Bank (45,00%), sedangkan responden yang memainkan peran ganda adalah 15 anak (37,5%). Serta responden yang berperan ganda sebagai pekerja yang memiliki pendidikan sebagai wirausaha sebanyak 7 orang (17,5%). Secara umum, jika dilihat dari jenis pekerjaan yang dilakukan oleh responden, pedagang, pedagang dan buruh, sebagian besar tingkat pendidikan anak-anak mereka meningkat.

References

A.A.Arini, I Gusti. 2007. Wanita Hindu dan Kerja( Peluang dan Tantangan). Makalah disampaikan dalam seminar Internasional Wanita Peluang dan Tantangan. Denpasar: IHDN
Hamdani.2005. Mengupayakan Keterlibatan Perempuan dalam Aktifitas Pertanian.www.binadesa@indo.net.id.
Hastuti, EndangLesteri. 2005. Hambatan Sosial Budaya dalam Pengarusutamaan Gender di Indonesia.SOCA vol.5 no 2. Fak.Pertanian UNUD
Pudja. 2005.Bhagawadgita ( Panca Veda ), Surabaya : Paramita
Rustiani, F., 1996, “ Istilah umum dalamWacana Gender” dalam Jurnal Analisis Sosial: Analisis Gender dalam memahami persoalan perempuan, Yayasan Akatiga, Bandung
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & B. Bandung Alfabeta
Titib, I Made. 1996. Weda Sabda SUCI Pedoman Praktis kehidupan. Surabaya: Paramita.
Published
2018-12-10
How to Cite
Suparman, I. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN GANDA WANITA HINDU DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 9(2), 1-9. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v9i2.245