PERAN ORANG TUA PRASEJAHTERA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU KHUSUSNYA AJARAN TRI KAYA PARISUDHA PADA ANAK DI KOTA PALU

  • Ni Luh Ayu Eka Damayanti STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Peran orang tua pra sejahtera, Tri Kaya Parisudha,, anak

Abstract

Orang tua memiliki peranan yang sangat penting untuk membimbing pada perkembangan mental dan spiritual anak. Begitupun pada orang tua pra sejahtera memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan pendidikan agama Hindu, khususnya ajaran Tri Kaya Parisudha pada anak, agar memiliki tingkah laku yang baik. Namun kenyataannya orang tua pra sejahtera belum mampu melaksanakan perannya dalam menanamkan ajaran Tri Kaya Parisudha pada anaknya dikarenakan kesibukan orang tuabekerja mencari nafkah serta keadaan ekonomi yang kurang mampu. Mengapa dikatakan penting karena orang tua harus selalu membimbing dan mengajarkan agama Hindu ke pada anak-anaknya agar tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berperilaku mulia.

            Peran orang tua pra sejahtera dalam menanamkan pendidikan Agama Hindu Khususnya Ajaran Tri Kaya Parisudha pada anak yaitu : Peran Orang Tua Sebagai Pengasuh dan Pendidik anak, Peran orang tua sebagai suri tauladan dalam keluarga, Peran orang tua sebagai pembimbing pendidikan agama anak. Kendala yang dihadapi orang tua pra sejahtera dalam menanamkan pendidikan agama Hindu, khususnya Ajaran Tri Kaya Parisudha yaitu meliputi kendala Internal,seperti Faktor waktu, dan kendala eksternal seperti : lingkungan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi .Upaya yang dilakukan oleh orang tua pra sejahtera untuk mengatasi kendala kendala dalam menanamkan pendidikan agama Hindu Khususnya Ajaran Tri kaya Parisudha yaitu meliputi upaya internal,seperti mengatur waktu. Upaya eksternal seperti mengontrol pergaulan anak dan menanamkan disiplin waktu dan mengawasi peggunaan teknologi

References

Dharmayasa. 1995. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Jalaluddin. 2002. Psikologi Agama.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kaplan, David dan A.A. Maners. 1999. Teori Budaya. Landung Simatupang Penerjemah. Yogya : Pusta ka Belajar.
Kartono, Kartini. 1996. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: CV. Bandar Maju.
Published
2019-06-10
How to Cite
Damayanti, N. L. (2019). PERAN ORANG TUA PRASEJAHTERA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU KHUSUSNYA AJARAN TRI KAYA PARISUDHA PADA ANAK DI KOTA PALU. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i1.247