PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD STAHDS

  • I Ketut Kertayasa STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Pecahan,, Berpikir Kreatif,, Open-Ended.

Abstract

Penyelesaian masalah matematika dengan cara mengingat rumus dan mengaplikasikan rumus yang telah dihapal berdampak pada rendahnya kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual (non-routines). Oleh sebab itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran untuk memfasilitasi berkembangnya kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.Dari permasalahan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Sekolah Tinggi Agama Dharma Sentana (STAHDS) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada materi pecahan dengan menggunakan pendekatanOpen-Ended.Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode penelitian yang dikembangkan oleh Takahashi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 43% mencapai level 4 (sangat kreatif) sisanya 57% mahasiswa mencapai  menggunakan level 3 (kreatif) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada materi pecahan.

References

Ali, M. 2008. Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
Amase, A.et.al., 2014. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MA. Hidayatussibyan. NW. Sengkerang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan MIPA, 1-7
Bruce, C. 2014. Teaching Fractions. Canada: Trent University
Dahlan, J.A. 2004. Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika. diakses dari http://file.upi.edu diunduh: 30 Juni 2019.
Fatah, A. et.al., 2016. Open-Ended Approach: An Effort In Cultivating Students’ Mathematical Creative Thinking Ability And Self-Esteem In Mathematics. Journal on Mathematics Education, 9-18.
Inprasitha, M. 2006. Open-Ended Approach And Teacher Education. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics, 169-177.
Kemendikbud, 2013. Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kertayasa, I. K. 2014. Soal Model PISA Berbasis Online. Tesis: Universitas Sriwijaya.
Muhsinin, U. 2013. Pendekatan Open-Endedpada Pembelajaran Matematika. Edu-Math Journal, Vol.4. 10-18
Siswono. T.Y.E. 2011. Level of Student’s Creative Thinking in ClassroomMathematics. Academic Journals, Educational Research and Review, 548-553
Wu, M. (2010). Using PISA and TIMSS Mathematics Assessments to Identify the Relative Strengths of Students in Western and Asian. Journal of Research in Education Sciences, Vol. 1, No. 56, 67-89.

Zulkardi. 2006. Formative Evaluation:What, Why, When, and How, diakses dari http://www.oocities.org/zulkardi/books.html.html diunduh: 20 Juni 2019.
Published
2019-06-10
How to Cite
Kertayasa, I. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD STAHDS. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(1), 44-52. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i1.252