Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup

  • Ni Made Mega Hariani Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Role Playing, Hasil Belajar, Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangbiakan makhluk hidup melalui penerapan metode role playing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus dengan target yang ditentukan yaitu 85%, dimana setiap siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Data yang diolah merupakan data pelaksanaan tindakan dan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dimana dilihat dari aktivitas siswa meningkat dari siklus I 60,56% ke siklus II 87,92%, dilihat dari kinerja guru juga meningkat dari siklus I 70,5% ke siklus II 87,5% dan yang paling penting peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa jika dilihat dari data awal 36,67% meningkat ke siklus I 73,33% dan meningkat lagi ke silkus II 86,67% yaitu sudah sesuai dengan target yang diharapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA, karena metode role playing melibatkan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif dalam situasi yang menyenangkan, sehingga siswa tidak hanya aktif secara fisik, tetapi juga aktif secara mental dan suasana kelas semakin hidup.

References

Abdul, S. 2013. Inovasi Pembelajran. Bumi Aksara. Jakarta.

Ahmadi, A. 2013. Psikologi Belajar. Renika Cipta. Jakarta.

Akbar, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Filosofi, Metodologi, dan Implementasinya). Surya Pena Gemilang. Malang.

Amilda dan Mardiah, A. 2012. Kesulitan Belajar: Alternatif Sistem Pelayanan dan Penanganan. Pustaka Felicha. Yogyakarta.

Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Baroro, K. 2011. Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing. Rineka Cipta. Jakarta.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Kartini, K. 2007. Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. CV. Rajawali. Jakarta.

Munir., Fatiqin, A., dan Kendi, I. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Virus, Jurnal Florea Vol. 4 Issue 1, 36-41.

Samatowa, U. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Depdiknas. Jakarta.

Santoso, P. 2011. Pokok Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka. Jakarta.

Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Aleasindo. Bandung.

Sujana, A. 2013. Pendidikan IPA. Rizqi Press. Bandung.

Syaiful, B. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Syarifuddin, A. 2016. Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V, Jurnal Ilmiah PGMI Vol.2 Issue1, 29-42.

Tarigan, A. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD, Jurnal Primary Vol.5 Issue 3, 102-112.

Published
2019-12-23
How to Cite
Hariani, N. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63-74. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270