UPAYA FKUB DALAM MEMBANGUN SEMANGAT TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA

STUDI KETERLIBATAN PHDI DKI JAKARTA PADA KEGIATAN FKUB DI JAKARTA

  • Agustya Prayuda SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU DHARMA NUSANTARA JAKARTA
  • Indra Prameswara SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU DHARMA NUSANTARA JAKARTA
  • Untung Suhardi SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU DHARMA NUSANTARA JAKARTA
  • A.A. Ketut Patera SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU DHARMA NUSANTARA JAKARTA
Keywords: FKUB, Toleransi, PHDI DKI Jakarta, Upaya Kerukunan Antar Umat Beragama

Abstract

Membahas tentang FKUB sebagai bagian daripada lembaga pemerintah yang bertugas untuk menyelaraskan keserasian dalam hubunganya dengan kehidupan keagamaan. Namun dewasa ini terjadi kasus-kasus intoleransi misalnya hoax, penyebaran berita bohong, dan ketegangan antar sesama umat berawal dari perbedaan pilihan pemimpin yang mengakibatkan terjadinya penyimpangan dan ketidaknyamanan dalam hal berkehidupan keaagamaan. Adapun yang menjadi pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi DKI Jakarta dalam membangun dan memperkuat semangat toleransi antar umat beragama, keterlibatan Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi DKI Jakarta pada kegiatan FKUB di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, kemudian pada penelitian ini menggunakan teori komunikasi organisasi dan gaya kepemimpinan. Temuan dari penelitian ini adalah Forum Kerukunan Umat Beragama melakukan kegiatan budaya lintas agama yang bertujuan untuk menanamkan arti nilai kerukunan sejak dini, simakrama dengan tokoh lintas agama melalui dialog konstruktif serta kerjasama dengan seluruh komponen masyarakat. Langkah Parisada dalam upaya membangun sikap toleransi dengan merangkul generasi muda melalui pembekalan tentang cara berkehidupan yang damai, harmonis, dilingkungan masyarakat yang plural, agar di masa depan generasi muda akan menjadi penerus kepemimpinan Hindu yang paham tentang nilai-nilai kebersamaan dalam sebuah perbedaan.

References

Awanita, I. made. (2018). Analisis Peran Lembaga Dharma Duta Dengan Integrasi Grand Design Hindu Dharma Indonesia Dalam Meningkatkan Kualitas Penyuluh Agama Hindu Di Indonesia. Pasupati, V(1), 27.

Azhar, T. R. (2017). Laporan Kinerja Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi DKI Jakarta. (A. S. Mufid, Ed.) (I). Jakarta: FKUB DKI Jakarta.

Azhar, T. R. dkk. (2016). Laporan Kinerja FKUB DKI Jakarta Tahun 2016. (A. S. Mufid, Ed.) (I). Jakarta: Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi DKI Jakarta.

Djauhary, Z. (1983). Pedoman Dasar Kerukunan Umat Beragama (I). Jakarta: Proyek Pembinaan Kerukunan Hidup Beragama Departemen Agama.

Gulo, W. (2002). Metode Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.

Hemamalini, K. (2018). Menelusuri Dinamika Hindu Etnis Tionghoa (Sebuah Kajian Komunikasi Lintas Budaya. (U. Suhardi, Ed.) (I). Surabaya: Paramita Surabaya.

Nahrawi, H. Nahar dan Khalikin, A. (2005). Pemetaan Kerukunan Kehidupan Beragama (I). Jakarta: Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Gd. Bayt Al-Quran Museum Istiqlal Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Tim Penyusun. (2011). Hasil-Hasil Pesamhuan Agung. Denpasar: Parisada Hindu Dharma Indonesia.

Wursanto, I. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: C.V OFFEST (Penerbit ANDI).

Zuldafrial dan Muhammad, L. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuna Pustaka.

Published
2019-12-23
How to Cite
Prayuda, A., Prameswara, I., Suhardi, U., & Patera, A. K. (2019). UPAYA FKUB DALAM MEMBANGUN SEMANGAT TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 108-119. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.293