PENGARUH SIKAP DAN GENDER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU DI SMA

  • I Komang Kartia STAH Dharma Sentana
  • Made Antara Universitas Tadulako
  • I Wayan Mudita STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Pengaruh Sikap, Gender, Prestasi Belajar

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolak ukur kemampuan siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama periode waktu tertentu. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu sikap dan gender. Sikap adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan kewajiban untuk menjamin keberadaan manusia. Gender merupakan behavioral differences (perbedaan perilaku) antara perilaku laki-laki dan perempuan yang dikonstruksi secara sosial. Perbedaan sikap dan gender yang dimiliki masing-masing siswa memunculkan prestasi belajar yang berbeda-beda pula, seperti halnya sikap dan gender mempengaruhi prestasi belajar Agama Hindu di SMA Negeri 1 Torue. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh positif sikap dan gender terhadap prestasi belajar Agama Hindu di SMA Negeri 1 Torue. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif sikap dan gender terhadap prestasi belajar Agama Hindu di SMA Negeri 1 Torue. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner dan dokumentasi, setelah data diperoleh peneliti menganalisis data untuk mencari kebenaran data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik serta uji hipotesis. Selanjutnya data dipaparkan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) variabel Independen (Xi) berpengaruh sangat nyata terhadap variabel dependen (Y), yang ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 4,078 > Ftabel α=5% (1,68). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,129 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel bebas  sebesar 12,90%, hal ini menunjukkan bahwa 12,90% prestasi belajar Agama Hindu dipengaruhi oleh sikap dan gender, sedangkan 87,10% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. 

References

Azwar, Saifuddin.2008.Sikap manusia teori dan pengukurannya, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Djaali.2007.Psikologi Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara

Hoang, Thienhuong N.2008.The Effect of grade Level, Gender, dan Ethnicity on Attitute and Learning Environment in Accounting in High School: International Electronic Journal of Accounting Education. Vol 3. http://iejme.com/012008/d3.pdf. (20 Maret 2009)

Slameto.2003.Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: PT Asdi Maha satya

Singarimbun,M., dan S. Effendi.1995. Metode Penelitian Survei .LP3ES, Jakarta.

Sugihartono, Nur, Kartika F. Farida Harapan Dkk.2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Pres.

Widayani, Ni Made Diska dan Sri Hartati.2014. Kesetaran dan Keadilan Gender dalam Pandangan Perempuan Bali: Studi Fenomenologis Terhadap Penulis Perempuan Bali.Dalam Jurnal Psikologi Undip.Vol 13 No.2 Oktober 2014.

Published
2020-06-29
How to Cite
Kartia, I., Antara, M., & Mudita, I. (2020). PENGARUH SIKAP DAN GENDER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU DI SMA. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 11(1), 17-28. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v11i1.310