ETIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA HINDU

  • Ayu Puja Astuti STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Ni Luh Ayu Eka Damayanti STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Gede Merthawan STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: etika, siswa, pembelajaran

Abstract

Kewajiban siswa dalam sekolah yaitu, siswa harus taat kepada guru dan kepala sekolah, ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah, menghormati guru dan saling menghargai antar sesama siswa. Timbul permasalahan pada pembelajaran Agama Hindu siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Palu  yang diteliti yaitu : Etika Siswa Pada pembelajaran, kendala-kendala etika siswa pada Pembelajaran, upaya-upaya dalam meningkatkan etika siswa pada pembelajaran sehingga mencapai tujuan yaitu mengetahui etika siswa pada pembelajaran, mengetahui kendala- kendala etika siswa pada pembelajaran teori yang digunakan yaitu teori Behavioristik  (tingkah laku), mengetahui upaya-upaya dalam meningkatkan etika siswa pada pembelajaran, teori yang digunakan yaitu teori Perubahan Sosial. Penelitian ini bersifat kualitatif. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik studi kepustakaan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulanya setelah dilakukan upaya-upaya dalam meningkatkan etika siswa pembelajaran Agama Hindu adalah menyiapkan waktu belajar di hari lain, lebih menghargai guru pendidikan, meningkatkan kesadaran siswa dan mengurangi penggunaan handphone pada pembelajaran dan terciptanya etika belajar siswa yang baik dan beretika dalam proses pembelajaran

References

Aan Komariah dan Djam’an Satori. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.

Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto. 1997. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktek). Jakarta

Arini, Ni Made. 2014. Etika Persembahyangan Purnama dan Tilem di Pura agung Muncak Sari Dusun II Puluk-puluk Sari Desa Beraban Kec balinggi Kab Parigi Moutong. (Skripsi tidak diterbitkan). Palu: Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Sentana Sulawesi Tengah.

Budiono. 2005. Kamus Ilmiah Populer Internasional. Surabaya: Alumni Surabaya.

Danim, Sudarmawan. 2002. Mengkaji Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Darmayasa, I Made. 2001. Canakya Nitisastra. Surabaya: Paramita.

Departemen. Pendidikan. dan kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa indonesia. Balai Pustaka Jakarta.

Gandhi HW, Teguh Wangsa. 2013. Filsafat Pendidikan. Cetakan 1.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Edisi satu. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, B. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. Cetakan 6. Jakarta: Bumi Aksara.

Iqbal, H. 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Gihalva Indonesia.

Kajeng, I Nyoman. 2006. Sarasamusccaya. Proyek penerbit buku-buku Agama milik pemda tingkat I Bali.

Mudyahardjo, Redja. 2008. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ngurah, I Gusti Made. 1998. Buku Pendidikan Agama Hindu untuk Perguruan Tinggi. Surabaya: Paramita

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2008. Memahami penelitian kualitatfi. Bandung: C.V. Alfabeta.

Suhardana, K. M. 2006. Pengantar Etika dan Moralitas Hindu. Surabaya: Paramitha.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Prilaku Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Published
2021-06-23
How to Cite
Astuti, A., Damayanti, N. L. A., & Merthawan, G. (2021). ETIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA HINDU. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 12(1), 73-84. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i1.329