SAMADHI PADA: SEBUAH METODE PENCERAHAN DI AWAL PEMBELAJARAN (PERSPEKTIF YOGA SUTRA PATANJALI)

  • Agus Ari Sumerta UHN I Gusti Bagus Sugriwa
  • Putri Ramuja Dewi Sugata UHN I Gusti Bagus Sugriwa
  • I Gusti Made Widya Sena UHN I Gusti Bagus Sugriwa
  • I Nyoman Subagia UHN I Gusti Bagus Sugriwa
Keywords: Keywords: Sutra Patanjali, Yoga, Mind, Change, Truth

Abstract

Dalam teks Sutra Patanjali khususnya Bab Samadhi Pada membahas tentang kebenaran hidup, Rsi Patanjali menempatkan bab ini diawal sutra, fungsinya untuk mengenalkan awal perjalanan Yoga. Yoga merupakan sebuah proses menuju Vashyatmana yang berarti mereka telah menguasai pikirannya. Pikiran ini akan selalu berubah-ubah dan membawa kita ke dalam hal yang akan menyebabkan sebuah penderitaan maupun kebahagiaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, kemudian pada penelitian ini menggunakan teori hermeneutika. Temuan dari penelitian ini adalah di dalam ajaran Sutra Patanjali, khususnya Bab Samadhi Pada membahas tentang lima perubahan dalam pikiran, yaitu: Pengetahuan Yang Benar (Pramana), Pengetahuan Yang Tidak Benar (Viparyaya), Khayalan (Vikalpa), Tidur (Nidra) dan Ingatan (Smrtayah). Kelima macam perubahan inilah sumber dasar dari fluktasi atau modifikasi pikiran yang dapat menyebabkan penderitaan maupun kebahagiaan. Dari kelima macam perubahan ini teks Sutra Patanjali mengajarkan kita sebuah pengetahuan yang benar. Perubahan-perubahan yang terjadi pada pikiran itu perlu dilengkapi dengan berbagai metode untuk mengatasinya agar tidak salah dalam memahami berbagai perubahan yang terjadi dan mampu mengendalikan pikirannya sendiri. Saat pikiran dapat dikendalikan, proses pembelajaran dan internalisasi nilai-nilai pendidikan menjadi lebih lancar dan mudah.

References

Anandamurti, 2003. Filsafat Dasar Ananda Marga. Jakarta: Ananda Marga Publication

Dumont, Theron Q. 2012. The Power of Concentration. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Donder, I Ketut. 2006. Brahmavidya : Teologi Kasih Semesta. Surabaya: Paramita

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Iyengar, B.K.S. 2014. The Tree Of Yoga. India: Harper Collins.

Krishna, Anand. 2015. Yoga Sutra Patanjali Bagi Orang Modern. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Malih, Gede. 1999. Sadhana. Surabaya: Paramita

Mayor, Polak, 1979. Patañjali Raja Yoga. Surabaya: Paramita

Narayana. 2010. Jalan Menuju Tuhan. Surabaya: Paramita

Pendit, Nyoman S, 2007. Sad Darsana. Denpasar : Pustaka Bali Post

Sriyanti, Ni Kadek. 2017. Yoga Sutra Patanjali. Surabaya : Paramita.

Sugata, I Made. 2018. Disertasi. Sinkretisasi Mistisisme Yoga Di Perguruan Spritual Ambaràshram Banjar Nyuh Kuning, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar (tidak dipublikasikan). Denpasar: Program Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Triwidodo. 2015. Renungan Yoga Patanjali Tiga Sumber Pengetahuan YangBenar.(https://gitakehidupansepasangpejalan.wordpress.com/2015/06/26/renungan-yoga-patanjali-tiga-sumber-pengetahuan-yang-benar/), diunduh pada tanggal 17 April 2020.

Wiase, I Wayan. 2017. Tesis. Aspek Kesehatan Asthanga Yoga Dalam Teks Yoga Sutra Patanjali (tidak dipublikasikan). Denpasar : Program Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Zuldafrial dan Muhammad, L. 2012. Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuna Pustaka.

Published
2020-06-29
How to Cite
Sumerta, A., Sugata, P. R., Widya Sena, I. G., & Subagia, I. (2020). SAMADHI PADA: SEBUAH METODE PENCERAHAN DI AWAL PEMBELAJARAN (PERSPEKTIF YOGA SUTRA PATANJALI). Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 11(1), 1-16. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v11i1.350