PENANAMAN KARAKTER MELALUI PELATIHAN YOGA PADA SEKA TARUNA DESA PELAPUAN KECAMATAN BUSUNGBIU

  • I Ketut Agus Artha STKIP Agama Hindu Singaraja
  • Ni Nyoman Mastiningsih STKIP Agama Hindu Singaraja
Keywords: Karakter, Yoga, Sekar Taruna

Abstract

Penanaman karakter yaitu menanamkan suatu nilai-nilai yang dimiliki oleh individu ataupun seseorang yang bermuara pada tingkah laku, cara berfikir dan pada akhirnya menjadi sifat yang membudaya. Penanaman karakter bukan persoalan yang mudah untuk dilakukan, sehingga dengan adanya pendidikan yang berkarakter seyogyanya akan menjadikan suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian. Karakter senantiasa terbentuk bilamana diberikan suatu rangsangan ataupun sentuhan yang bersifat positif, baik yang diaplikasikan secara fisik, mental maupun spiritual pada diri seseorang.

         Adapun solusi yang diambil dalam menangani permasalahan tersebut yaitu dengan mengadakan suatu kegiatan diantaranya: melaksanakan sosialisasi berkaitan dengan materi pembentukan karakter dan pelatihan yoga dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan aktifitas yoga. Kegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi berupa materi yang disampaikan oleh narasumber berkaitan dengan pendidikan karakter dan pelatihan yoga. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini dilaksanakan pada Seka Teruna Desa Pelapuan, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buelelng-Bali.

References

Dantes, N., Ketut, N., Kusuma, S. & Singaraja, U. G. (2019). ANALISIS TENTANG MUATAN KARAKTER HINDU DALAM SISTEM PENDIDIKAN FORMAL: (Studi Pada Sekolah Menengah Atas di Kota Denpasar). Sinta 5.

Domin, D.S., 2001. A Review of Laboratory Instruction Styles. Journal Chemical Education. 76:543.

Kiki Wulandari. 9019. Pengaruh Prenatal Yoga Terhadap Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester III di Studio Yoga Bhavana Sleman Yogyakarta 2019. Naskah Publikasi. Universitas Aisyiyah: Yogyakarta.

Peck, H. L., Kehle, T., Bray, M. A., & Theodore, L. A. 2005. Yoga as an Intervention for Children With Attention Problems. School Psychology Review. 34 (3), 415-424.

Rokhmah, R, N. 2010. Hubungan meditasi dalam yoga dengan daya tahan terhadap stress pada paguyuban yogiswaran surakarta. Tersdia pada: http://etd.eprints.ums.ac.id/858/. Diakses jumat 1 februari 2020.

Rudiarta, I.W. 2020. Implikasi Latihan Yoga Asana Bagi Pembentukan Karakter Siswa di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung. Jurnal Pendidikan Agama Hindu. IHDN Denpasar. 4. (1). 23-33. Diakses Pada: https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPAH

Sugita, I. W. (2018). Pendidikan Budaya dan Karakter. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 5. (2). Tersedia pada: https://doi.org/10.25078/gw.v5i 2.641. Diakses: 3 juli 2020.

Published
2020-12-14
How to Cite
Artha, I. K., & Mastiningsih, N. (2020). PENANAMAN KARAKTER MELALUI PELATIHAN YOGA PADA SEKA TARUNA DESA PELAPUAN KECAMATAN BUSUNGBIU. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 11(3), 212-218. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v11i3.376