EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SAINS SD SECARA DARING MELALUI MEDIA WhatsApp GROUP SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Ni Made Mega Hariani STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Sains SD, Media WhatsApp Group

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sains SD secara daring melalui media WhatsApp Group selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran sains SD secara daring melalui media WhatsApp Group selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan terlebih dahulu mengadakan survey kepada mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara via panggilan video WhatsApp. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu mulai dari tahap reduksi data, display data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan  dimana hasil survey dan hasil wawancara diperoleh 0% mahasiswa menyatakan tidak efektifnya pembelajaran sains SD menggunakan Media WhatsApp Group, 20% menyatakan kurang efektif, dan 80% yang menyatakan efektifnya pembelajaran sains SD menggunakan Media WhatsApp Group. Pembelajaran dengan menggunakan media WhatsApp Group menjadikan mahasiswa menjadi lebih aktif untuk menggali informasi sehingga mereka mencoba sendiri untuk menjawab permasalahan dan dijadikan sebagai media untuk berdiskusi, berkomunikasi dengan penggunaan jarak jauh.

References

Abidin, Z., Rumansyah., dan Arizona, K. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 5 Issue 1, 64-70.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Kamila, H. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurusan Ilmu Keguruan. Jakarta.

Kusuma, J. dan Hamidah, H. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform WhatsApp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol. 5 Issue 1, 65-74.

Miles, M. B., dan Huberman, M. 1994. Qualitative Data Analysis Second Edition. SAGE Publications.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 Issue 1, 1-12.

Prajana, A. 2017. Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN AR-Raniry Banda Aceh, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 1 Issue 2, 122-133.

Rahmawati, I. 2020. Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo, Repository UT ac.id, 593-607.

Ricu, S. 2019. Pemanfaatan WhatsApp Group dalam Pengimplementasian Nilai-Nilai Karakter Pancasila pada Era Disrupsi, Jurnal Putri Hijau Vol. 4 Issue 2, 145-154.

Rooijakkers, A. 1991. Mengajar dengan Sukses, Petunjuk untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. PT. Presindo. Jakarta.

Rustaman. 2001. Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA. Depdiknas. Jakarta.

Sadikin, A. dan Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 6 Issue 2, 214-224.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Aleasindo. Bandung.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana. Jakarta.

Published
2021-06-23
How to Cite
Hariani, N. M. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SAINS SD SECARA DARING MELALUI MEDIA WhatsApp GROUP SELAMA PANDEMI COVID-19. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 12(1), 1-13. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i1.384