DESAIN PEMBELAJARAN PENINGKATAN KUALITAS LINGKUNGAN DAN KONDISI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU

  • I Wayan Agus Agus Gunada Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: desain pembelajaran, lingkungan belajar, agama hindu, pendidikan

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk menggambarkan proses pembentukan lingkungan dan kondisi belajar yang ideal untuk membangun motivasi belajar bagi peserta didik dalam mempelajari pendidikan agama Hindu melalui pengkajian rancangan dan desain pembelajaran. Adapun pendekatan penelitian dilakukan melalui riset kepustakaan dengan mengkaji pustaka terdahulu yang relevan dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan studi dokumen. Berdasarkan hasil kajian ditemukan bahwa dalam membangun suatu kondisi dan lingkungan belajar yang ideal bagi peserta didik dalam belajar pendidikan agama Hindu terdapat model-model desain pembelajaran yang dijadikan sebagai landasan dalam mendesain proses belajar mengajar dan terdapat lima tahapan umum dalam mendesain pembelajaran. Melalui pengkajian ini diharapkan dapat menjadi tinjauan pustaka bagi pendidik dalam menyusun dan merancang proses belajar mengajar sehingga mampu membangun lingkungan dan kondisi belajar yang ideal dalam memotivasi peserta didik.

References

Ahmad, A. (2007). Desain Pembelajaran: Potret Profesionalitas Dosen. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 10(2), 138–152. https://doi.org/10.24252/lp.2007v10n2a2

Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/kls.v1i2.3631

Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i2.1103

Basri. (2013). Signifikansi Desain Pembelajaran dalam Menunjang Kesuksesan Mengajar. Nizham: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 190–203. Retrieved from http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/nizham/article/view/855

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif (1st ed.). Surabaya: Airlangga University Press.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Djamal, M. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif (1st ed.; A. Choiran Marzuqi, ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eva, R. (2016). Pengaruh Aplikasi Model Assure Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi. Gea, Jurnal Pendidikan Geografi, 15(2), 8–14. https://doi.org/10.17509/gea.v15i2.3543

Gunada, I. W. A. (2020). Nilai Susila dalam Sloka Hindu untuk Penguatan Pendidikan karakter Bagi Peserta Didik. Media Bina Ilmiah, 14(8), 3035–3054. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i8.483

Gunada, I. W. A., & Pramana, I. B. K. Y. (2021). Desain Pelatihan Menggambar Ornamen Bali Sebagai Implementasi Nilai Pendidikan Agama Hindu. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 77–84. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i1.909

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2012). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2), 98–117. https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50

Ismail, M. (2017). Menelusuri Konsep Pendidikan Karakter dan Implementasinya di Indonesia. Jurnal DIDAKTIKA, 1(1), 1–17. Retrieved from http://jurnal.umt.ac.id/index.php/jd/article/view/21

Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning) (1st ed.; S. Amri, ed.). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Milka. (2014). Kontribusi Teori Belajar Gagne Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik. Kip, III(2), 599–606.

Mertayasa, IK., Indraningsih, G.K., & Mustika Dewi, Hesti. (2021).Panca Upaya Sandhi : Teacher Leadership Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang. 151-165. https://doi.org/10.33363/sn.v0i1.56

Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. A. M. K. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 121. https://doi.org/10.22373/je.v5i2.5019

Rasidi, T. Q. (2016). Implementasi Desain Pembelajaran Assure Model Pada Mata Pelajaran Pai Dengan Materi Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan Umayyah Dan Abbasiyah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(2), 220–235. https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2953

Rostika, D., & Prihantini. (2019). Pemahaman Guru Tentang Pendekatan Saintifik Dan. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 86–94. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.14443

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santika, N. W. R. (2018). Pendidikan Agama Hindu Sebagai Dasar Dalam Pembentukan Karakter. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(2), 153–163. https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i2.47

Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran (1st ed.; Bunga Sari Fatmawati, ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Subagiasta, I. K. (2014). Pendidikan Agama Hindu bagi Peserta Didik dan Pendidik (1st ed.; I. K. Subagiasta, ed.). Surabaya: Paramita.

Sudarsana, I. K. (2018). Ajaran Satya dan Dharma dalam Membentuk Karakter Keluarga Hindu di Desa Peguyangan Kangin Kota Denpasar. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 2(2), 289–302. https://doi.org/10.30595/jssh.v2i2.2188

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian yang bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (1st ed.; S. Y. Suryandari, ed.). Bandung: ALFABETA.

Syadzili, M. F. R. (2018). Peran desain pembelajaran dalam pengembangan moral anak didik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 128–135. Retrieved from https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/170

Tung, K. Y. (2017). Desain Instruksional Perbandingan Model dan Implementasinya (1st ed.; Venan, ed.). Yogyakarta: ANDI.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Warsita, B. (2008). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, 12(1), 064. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1), 7–21. Retrieved from https://erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/228

Wina Sanjaya. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wulan, E. R., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/2336/1/BUKU EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf

Yusuf L.N, S., & Sugandhi, N. M. (2013). Perkembangan Peserta Didik: Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) Bagi Para Mahasiswa Calon Guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) (1st ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter (1st ed.; Zubaedi, ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2021-06-23
How to Cite
Gunada, I. W. A. (2021). DESAIN PEMBELAJARAN PENINGKATAN KUALITAS LINGKUNGAN DAN KONDISI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 12(1), 32-46. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i1.385