MENIGKATKAN KUALITAS INTERAKSI SISWA KELAS VIII SMPN 2 SINGARAJA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI PENGGUNAAN GALERI BELAJAR

  • Gede Harja Subrata STKIP Agama Hindu Singaraja
Keywords: Interaksi, Galeri, Belajar Pkn

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada siswa tahun kedua SMPN 2 Singaraja Bali. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui apakah Learning Galleria dapat meningkatkan kualitas interaksi siswa di kelas Pkn. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif.

Hasil PTK menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa pada siklus ke-1 bernilai Baik baru mencapai 18,75%, siklus ke-2 bernilai Baik mencapai 33,34%, siklus ke-3 bernilai Baik mencapai 80,33%. Dengan demikian, sampai pembelajaran siklus ke-3 peningkatan kualitas interaksi siwa telah mencapai target yang telah ditetapkan yaitu 75% siswa minimal berkemampuan Baik. Bila dilihat dari perkembangan rata-rata nilai yang dicapai siswa pada pembelajaran siklus ke-1, siklus ke-2, dan siklus ke¬-3, nilai Baik dicapai siswa tampak meningkat, yaitu dari 18,75% pada siklus ke-1 menjadi 33,34% pada siklus ke-2 dan pada siklus ke-3 menjadi 80,83%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan galeri belajar dapat meningkatkan kualitas interaksi siswa.

 

Kata kunci: Interaksi, Galeri, Belajar Pkn.

References

Amin, M. 1983. Peranan Kreatifitas dalam Pendidikan. Analisis Pendidikan tahun IV No. 3. Depdikbud

Budimansyah, Dasim. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Bandung: Garfindo

Clarek, Leonard H. 1973. Teaching Social Studies in Secondary Schools: A

Handbook. New York and London: Macmillan Publishing Co, Inc and Collier Macmillan Publisher.

CCE/CCEI. 2002a. Kami Bangsa....Indonesia. Calabasas, CA:CCE

.............2002. Kami Bangsa Indonesia: Buku Panduan Guru. Calabasas, CA:CCE

Depdiknas. 2002a. Kurikulum dan Hasil Belajar: Kompetensi Dasar Mata

Pelajaran Kewarganegaraan untuk Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.

............2002b. Kurikulum dan Hasil Belajar: Kompetensi Dasar Mata

Pelajaran Kewarganegaraan untuk Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas

............2002c. Kurikulum dan Hasil Belajar: Kompetensi Dasar Mata

Pelajaran Kewarganegaraan untuk Sekolah Menengah Pertama dan

Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas

.............2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kewarganegaraan untuk Sekolah Menengah Pertama dan

Madrasah Tsanawiyah. Jakarta. Depdiknas

Emran, Ali. Dkk. 1984. Strategi Belajar Mengajar PMP Berdasar Prinsip-Prinsip CBSA. Jakarta: Depdiknas.

Kresh, M. E. 1989. Integrated Curriculum for the 21 Century. Educational

Horizons. Fall

Kemmis, s. And R. Mettagart. 1988. The Action Recearch Planner. Victoria: Deakin University.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik

Dan Implementasi. Bandung: Rosida Karya.

M.c. Niff, J. 1995. Action Recearch for Profesional Development. Dorset:

Hyde.

Nurhadi, 2003. Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Stahl, Robert J. And R. L. Vansikle. 1992. Cooperative Learning as Effective Social Study within the Social Studys Classroom: Introduction

And an Invitation. In Robert J Stahl and R. L. Vansickle (Ed). Cooperative Learning Social Studies Classroom: An Introduction to Social Study. Washington, DC:NCSS

Simon, S.B Howe, L.W., dan Kirschenbaum, H. 1972. Values Clarification :

Handbook of Practical Strategies foe Teachers and Students. New York:

Hart Publishing.

Soeprapto.1995. Transformasi Nilai-Nilai Politik dan HukumPada Mata Pelajaran PPKn dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Makalah Kepala BP7 Pusata

Widja, G. 1999. Kebhinekaan Masyarakat Indonesia dan Peranan Pendidikan

Nilai di Masa Depan. Aneka Widya No. 1 Tahun XXXII Januari 1999.

Zuber-Skerritt, O. 1992. Action Research in Higher Education. London : Kogan Page

Published
2021-06-23
How to Cite
Subrata, G. (2021). MENIGKATKAN KUALITAS INTERAKSI SISWA KELAS VIII SMPN 2 SINGARAJA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI PENGGUNAAN GALERI BELAJAR. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 12(1), 57-72. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i1.395