PERAN ORANG TUA SISWA HINDU SDN 2 TATURA DALAM PEMBELAJARAN DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada sektor pendidikan sehingga adanya penerapan kebijakan belajar dari rumah, salah satunya adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Tatura. Penelitian ini mengangkat tiga permasalah yaitu: 1) Peran orang tua dalam pembelajaran dari rumah; 2) Faktor penghambat orang tua dalam pembelajaran dari rumah; 3) Faktor pendukung orang tua dalam pembelajaran dari rumah. Ketiga permasalahan tersebut akan dibedah menggunakan teori peran, teori behavioristik, dan teori fungsionalisme struktural.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran orang tua dalam pembelajaran dari rumah meliput: a. Peran aktif terdiri dari pemberian bimbingan belajar, penghubung antara anak dengan guru, dan sebagai fasilitator; b. Peran partisipatif terdiri dari pemberian fasilitas belajar, memeriksa tugas belajar anak, dan mendampingi anak belajar; c. Peran pasif terdiri dari mengingatkan anak untuk disiplin dan mengingatkan anak untuk menerapkan hidup bersih dan sehat. 2) Faktor penghambat orang tua dalam pembelajaran dari rumah meliputi: a. Orang tua kurang memahami materi; b. Kurangnya minat belajar anak dalam pembelajaran dari rumah. 3) Faktor pendukung orang tua dalam pembelajaran dari rumah meliputi: a. Tingkat pendidikan orang tua yang memadai; b. Materi mudah diakses di google dan youtube; c. Pemberian motivasi belajar kepada anak; d. Tersedianya fasilitas belajar yang memadai.
References
Bruce J. Biddle and Thomas. 1979. Role Theory Expectations, Identities, and Behaviors. Columbia, Missouri: The University of Missoury.
Burton, William H. 1944. The Guidance of Learning Activities. New York: Appleton- Century Coffs Inc.
Coleman M. 2013. Empowering Family-Teacher Partnership Building Connection within Diverse Communities. Los Angeles: Sage Publication. Hal: 25-27.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Hastomo, Aldila Siddiq. 2013. Efektivitas Media Pembelajaran E-learning Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Sma Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN.
Kajeng, I Nyoman dkk. 1997. Sarasamuscaya, dengan Teks Bahasa Sansekerta dan Jawa Kuna. Jakarta: Hanuman Sakti.
Saul, McLeod. 2018. Edward Thorndike The Law of Effect: Publications Ltd.
Schneider, Mark. 2002. Do school facilities affect Academic Outcomes: National Clearinghouse For Educational Facilities.
Soekanto, Soerjono. 2001. Sosiologi Sebagai Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia
Sukarma, I Nyoman. 2010. Peranan Orang Tua untuk Mewujudkan Anak Suputra Menurut Agama Hindu di Desa Suli Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi (tidak diterbitkan). Palu: STAH Dharma Sentana.
Sutarto. 2009. Dasar-Dasar Organisasi. Yogyakarta: UGM Press.
Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Metode Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Rosda Karya.
Thorndike, Edward Lee. 1913. Educational Psychology. New York: Teacher Collage Press, Vol. 1. ISBN: 0-8058-3682-9.
Turner, Jonathan. H. 1988. A Theory of Social Interaction. Stanford, California: Stanford University Press.
Wahidin. 2019. Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto: Jurnal PANCAR Vol 3 No 1, April 2019. ISSN : 2550-0619.
Wardani, Anita & Ayriza, Yulia. 2020. Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 No. 1, Agustus 2021. ISSN: 2549-8959.
Tulisan/artikel yang dimasukan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten. Tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi yang mereka dan bukan tanggung jawab Widyagenitri dan staff redaksi nya. Penulis utama (Pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua Izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.