ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK AGROWISATA

Studi Kasus pada Desa Sidera Kota Palu

  • I Gede Suhartawan Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Agrowisata, Strategi Pengembangan produk, Desa Wisata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi pengembangan produk khusus agrowisata di Desa Wisata Sidera. Dalam Penelitian ini berupaya mengetahui dan menjelaskan bagaimana kondisi secara umum di Desa Wisata Sidera, potensi agrowisata yang dimiliki Desa Wisata Sidera, serta bagaimana strategi pengembangan produk agrowisata di Desa Wisata Sidera. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini dilihat dari Potensi agrowisata yang ada di Desa Wisata Sidera berpotensial untuk dikembangan. Strategi pengembangan produk agrowisata mulai dari pengembangan produk wisatanya, pengembangan pasar dan promosi , sarana dan prasarana, , SDM, kemitraan dengan pihak yang terkait. Penelitian ini juga memberikan saran pengembangan strategi yang melingkupi semua sektor penting serta diharapkan dapat meminimalisir dampak-dampak negative yang ditimbulkan.

References

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Pendit, Nyoman. 2009. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.

Pitana, I Gede & Gayatri, Putu G. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Sastrayuda, Gumelar S. 2010. Konsep Pengembangan Kawasan Agrowisata. Hand Out Mata Kuliah Concept Resort And Leisure, Strategi Pengembangan Dan Pengelolaan Resort And Leisure.

Soebagyo. 2012. Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia.Jurnal Liquidity, Vol. 1, No. 2 Juli-Desember, Hlm153-158.

Spillane, J.James. 1994. Pariwisata Indonesia Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan.Yogyakarta : Kanisius.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian KuantitatifKualtitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta.

Suhartawan, I. G. 2022. Agrowisata dan Potensinya. Dalam I. M. Nuhari Anta (Editor), Pariwisata Nusantara (hal. 157–174). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Undang – undang nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Yoeti, Oka A. 2008. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Published
2022-06-30
How to Cite
Suhartawan, I. G. (2022). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK AGROWISATA. Jurnal Pariwisata PaRAMA : Panorama, Recreation, Accomodation, Merchandise, Accessbility, 3(1), 42-47. https://doi.org/10.36417/jpp.v3i1.364