PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN BENDUNG MISTERIUS SEBAGAI OBJEK WISATA

  • Putu Suryani STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Irmayanti Diah Jatiningsih STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Edy Semara Putra STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Partisipasi, Masyarakat, Pengelolaan Objek Wisata

Abstract

Penelitian ini berlokasi di Bendung misterius yang terletak di Desa Balane, Kabupaten Sigi. Objek wisata bendung misterius merupakan objek wisata yang dikelola oleh Desa melalui BUMDES. Dalam pegembangan bendungan tersebut, masyarakat Desa Balane beserta para pemuda mengelola dan menjadikan Bendung Misterius sebagai objek wisata dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada dan menatanya agar menjadi tempat wisata. Tujuan dari peneitian ini yaitu untuk mengetahui partisipasi masyarakat desa balane dalam mengelola bendung sebagai objek wisata. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. sumber informasi pada penelitian ini masyarakat Desa Balane serta pengelola objek wisata. Tehnik pengumpulan data meggunakan tehnik analisis data Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat aktif dalam berpartisipasi memengelola bendung misterius menjadi objek wisata. Dapat dilihat dari bentuk partisipasi masyarakat yang diberikan berupa ide gagasan dan Perencanaan pengelolaan bendung misterius tersebut. Selain itu masyarakat berisisiatif dalam memberian sumbangan berupa materi dalam pengadaan fasilias-fasilitas penunjang lainnya.

References

Arstein, S. 1969. A Ladder of citizen Partisipation, Vol.35. No. 4. Hh. 216-224.

Creswell, John W. 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan campuran. Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2009. Desentralisasi dan Partisipasi dalam pendidikan. Yogyakarta: UNY.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Heny Made. 2013. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali. Universitas UdayanaBali: Kawistara.

Sugiyah. 2001. Partisipasi Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Dasar (SD) Negeri IV Wates, Kabupaten Kulon Progo. Tesis. PPs-UNY.

Suwandi. 2010. Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi. Surakarta: Sebelas Maret Universitas Press.

Theresia, Aprelia. 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Published
2021-12-31
How to Cite
Suryani, P., Jatiningsih, I., & Putra, E. (2021). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN BENDUNG MISTERIUS SEBAGAI OBJEK WISATA. Jurnal Pariwisata PaRAMA : Panorama, Recreation, Accomodation, Merchandise, Accessbility, 2(1), 39-48. Retrieved from https://jurnal.stahds.ac.id/jurnalPariwisataPaRAMA/article/view/447