ANALISIS BENTUK DAN GAYA SOUVENIR PADA PRODUK PARIWISATA DI KOTA PALU

  • Sukarni . STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Edy Semara Putra STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • I Nyoman Slamet STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Souvenir, Pariwisata, Kota Palu

Abstract

Penelitian dilakukan di Kota Palu, Sulawesi Tengah dengan tiga titik lokasi yaitu Toko Sumber Urip Eboni, Toko Krisna Karya dan Toko Sal-Han. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan gaya souvenir pada produk pariwisata di Kota Palu yang dianalisis menggunakan teori bentuk dan teori gaya seni dengan menggunakkan metode kualitatif dengan maksud untuk menguraikan secara deskriptif hasil temuan data-data di lapangan. instrumen penelitian berupa indept interview. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber informasi dalam penelitian ini yaitu pemilik toko souvenir, Pengrajin serta kepala UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kota Palu. Adapun hasil yang didapatkan yaitu bentuk souvenir yang dijual di toko-toko souvenir di Kota Palu sebagian dibuat dengan bentuk menyerupai atau meniru bentuk alam dan sebagian dibuat dengan meniru benda sekeliling serta benda yang berciri khas daerah Sulawesi Tengah. Gaya yang terkandung dalam souvenir-souvenir yang ada di Kota Palu lebih banyak menerapkan formal order dimana souvenir dibuat dengan pola ukuran yang metodis dan beberapa diciptakan sesuai dengan objek aslinya, memiliki bentuk yang lahir dari imajinasi pengrajinnya (gaya fantasi) dan lebih natural (Objective Accuracy). Produk souvenir yang dibuat pada umumnya memiliki tekstur yang halus dan beberapa terdapat bagian yang kasar akibat dari bentuk dan motif dari souvenir tersebut.

References

Cholis, Henri & Satriana Didik Isnanta. (2017). Model Souvenir Sebagai Peingkatan Kwalitas dan Varian Produk Pada Sentra Kerajinan Gembreng Pasar Kabangan Laweyan Surarakarta. Surakarta. Institut Seni Indonesia.

Feldman, Edmund Burke. (1990). Seni Sebagai Ujud dan Gagasan: Gaya-Gaya Seni, Struktur Seni, serta Intraksi Media & Makna. Bagian dua, tiga. Terj. SP Gustami, Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Gunardi, G. (2010). Identifikasi Potensi Kawasan Wisata Kali Pasir, Kota Tangerang. Jurnal Planesa, 1(1), 28–35.

Mario, Vero. (2013). Studi Tentang Bentuk Dan Ciri Khas Souvenir Dari Kayu Sebagai Penunjang Pariwisata Bukit Tinggi. Skrisi (tidak diterbitkan). Padang: Universitas Negeri Padang.

Octavia Vanny. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Cv. Alfabeta. Rievank,

Ocvirk, O.G. (1962). Art Foundamentals. Iowa: W.M.C. Brown.

Putra, Edy Semara. (2019). Identifikasi Produk Khas yang Potensial Dikembangkan Menjadi Souvenir Tojo Una-Una. Jurnal Pariwisata PaRAMA: Panorama, Rekreasi, Akomodasi, Merchandise, Aksesibilitas, 1 (1), 11-20.Soedarso, S.P. (2000). Sejarah Perkembangan Seni Rupa Modern. Jakarta: Studio

Sugiarti, Rara, dkk. (2020). Pengembangan Wisata Kriya Berbasis Kreasi dan Inovasi di Sentra Industri Kerajinan Kulit Kabupaten Magetan Surakarta. Universitas Sebelas Maret: Surakarta. Vol: 1. Jilid: 1.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Suryadana, L & Vanny Octavia. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwsata. Bandung: CV. Alvabeta

Utama, I Gusti Bagus Rai. (2014). Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: CV. Budi

Utama. Utama, I Gusti Bagus Rai. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogjakarta: CV. Andi Offset.

Walansendow, Agustinus & bet EI Silisna Lagarense. (2016). Karakteristik Model dan Desain Produk Souvenir Berbahan Dasar Kayu dan Tempurung Kelapa Sebagai Produk Pariwisata. Tourism Scientific Journal. vol 1, no 2 hal :115- 133.

Yoeti, Oka. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Yuvincha & bryna issant poerwa. (2018). Analisis Souvenir Keramik di Home Industry Burat Kriasta Bantul. Skripsi (tidak ditrbitkan) Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2021-12-31
How to Cite
., S., Putra, E., & Slamet, I. N. (2021). ANALISIS BENTUK DAN GAYA SOUVENIR PADA PRODUK PARIWISATA DI KOTA PALU. Jurnal Pariwisata PaRAMA : Panorama, Recreation, Accomodation, Merchandise, Accessbility, 2(1), 31-38. Retrieved from https://jurnal.stahds.ac.id/jurnalPariwisataPaRAMA/article/view/451