PERANAN PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA DALAM MENERAPKAN AJARAN BRAHMACARI ASRAMA PADA REMAJA HINDU DI DESA MALONAS KECAMATAN DAMSOL KABUPATEN DONGGALA PROPINSI SULAWESI TENGAH

  • Ketut Yasini STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Peran, PHDI, Remaja, Brahmacari Asrama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peranan PHDI dalam menerapkan ajaran Brahmacari Asrama pada remaja Hindu di Desa Malonas, 2) kendala yang dihadapi oleh PHDI dalam menerapkan ajaran Brahmacari Asrama pada remaja Hindu di Desa Malonas, 3) upaya yang dilakukan oleh PHDI untuk mengatasi kendala dalam menerapkan ajaran Brahmacari Asrama pada remaja Hindu di Desa Malonas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian: Peranan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dalam menerapkan ajaran Brahmacari Asrama pada remaja Hindu di Desa Malonas, yaitu: a) memberikan motivasi, dan b) memberikan pembinaan secara berkesinambungan. Dalam melaksanakan perannya, PHDI Desa Malonas mengalami beberapa kendala, yaitu: a) kurangnya respon remaja, dan b) meningkatnya kasus kenakalan remaja. Berkaitan dengan kendala yang dihadapi PHDI dalam menerapkan ajaran Brahmacari Asrama pada remaja Hindu di Desa Malonas, maka upaya yang dapat dilakukan  untuk mengatasi kendala tersebut, yaitu: a) PHDI Desa Malonas menjalin kerjasama dengan pihak sekolah, masyarakat, orang tua dan pasraman dalam menanamkan nilai pendidikan agama Hindu, dan b) PHDI Desa Malonas bekerjasama dengan pihak sekolah, masyarakat, orang tua dan pasraman melakukan pembinaan melalui kegiatan olah raga, Dharma Gita dan ajaran tentang susila.

References

Ageng, Made. 1974. Silakrama. Surabaya: Paramita.

Puspa. P. M. N, Utomo. S. H, Prakorso, T. C. 2021. Peran Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Dalam Meningkatkan Pelestarian Kebudayaan Adat Bali Di Desa Kerta Buana Kabupaten Kutai Katanegara. eJournal Administrasi Publik, 9 (3). 5299:5310.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. 2004. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Sudirga, Ida Bagus. 2007. Agama Hindu untuk SMA. Jakarta: Dharma Widya.

Suhardi U, Nasih. C. P. N, Sugiyarta A. W. N, Biasa, M I. 2019. Peran Parisada Hindu Dharma Indonesia Di Kabupaten Pesawaran Dalam Pembinaan Umat (Studi Kasus Di Desa Pujodadi Lampung). Widya Aksara Jurnal Agama Hndu. (24) No. 2. 74:83.

Suhardono, Edy. 2004. Teori Peran; konsep, derivasi dan implikasinya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Titib I made.1996. Veda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan, Surabaya: Paramita.

Published
2022-06-28
How to Cite
Yasini, K. (2022). PERANAN PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA DALAM MENERAPKAN AJARAN BRAHMACARI ASRAMA PADA REMAJA HINDU DI DESA MALONAS KECAMATAN DAMSOL KABUPATEN DONGGALA PROPINSI SULAWESI TENGAH. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(1), 29-38. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i1.279