PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) KELAS V SDN INPRES 3 TONDO PALU

  • Gusti Ayu Made Widyawati stah dharma sentana sulawesi tengah
  • Ni Made Mega Hariani STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • I Wayan Budiagus Putrayasa STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, Problem Based Instruction (PBI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan model Problem Based Instruction (PBI) kelas V SDN Inpres 3 Tondo Palu. Metode yang digunakan adalah penelitian PTK yang menggunakan dua siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa dengan penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil post test dengan persentase daya serap klasikal 78,3%, ketuntasan belajar klasikal 83,3% dan angket motivasi dengan persentase 86,1% pada siklus I, sedangkan pada siklus II post test dengan persentase daya serap klasikal 88,2%, ketuntasan belajar klasikal 94,4% dan angket motivasi semua siswa memenuhi kriteria keberhasilan (100%). Sehingga dapat disimpulkan penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Inpres 3 Tondo Palu.

References

Arends, 2008.Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, I. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Kenampakan Bumi Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Klumpit Kec.Karanggede Kab.Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Chemical Information and Modeling 155.

Burhan, S. A. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Problem Based Instruction (PBI) Berindikator Master di Kelas IV SDN Pucuk Mijen Demak. Joyful Learning Journal 2(2). Doi: 10.15294/jlj.v2i2.1841. Universitas Negeri Semarang.

Depdiknas. 2003. Kriteria Taraf Keberhasilan. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Depdiknas. 2007. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Jacobsen, dkk. 2009. Methods for Teaching Promoting Student Learning in K-12 Classrooms. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kambey, S. E dan Tombokan, J. 2010, Proses Pendidikan dan Pembelajaran. Manado: Program Pascasarjana Universitas Negeri Manado.

Permendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 tentang Tujuan Pendidikan: Jakarta.

Purwanto, N. 2010 Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusmiyati, A., and A. Yulianto. 2009. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dengan Menerapkan Model Problem Based-Instruction. Jurnal Pendidikan Indonesia 5(2):75–78. doi: 10.15294/jpfi.v5i2.1013.

Susilawati, Lilies, and Bustamin. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Makhluk Hidup Dan Lingkungan Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction ( PBI ) Di Kelas IV SDN Mekar. Jurnal Kreatif Online 7(1):1–14.

Widoyoko. P. E. S. 2012, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2008. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Penada Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Published
2021-12-31
How to Cite
Widyawati, G. A., Hariani, N. M., & Putrayasa, I. W. (2021). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) KELAS V SDN INPRES 3 TONDO PALU. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 12(3), 227-237. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i2.412