PERAN ORANG TUA SISWA HINDU SDN 2 TATURA DALAM PEMBELAJARAN DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • I Kayan Setiawan STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Ketut Yasini STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • I Nyoman Suparman STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Peran Orang Tua, Pembelajaran dari Rumah, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada sektor pendidikan sehingga adanya penerapan kebijakan belajar dari rumah, salah satunya adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Tatura. Penelitian ini mengangkat tiga permasalah yaitu: 1) Peran orang tua dalam pembelajaran dari rumah; 2) Faktor penghambat orang tua dalam pembelajaran dari rumah; 3) Faktor pendukung orang tua dalam pembelajaran dari rumah. Ketiga permasalahan tersebut akan dibedah menggunakan teori peran, teori behavioristik, dan teori fungsionalisme struktural.

Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran orang tua dalam pembelajaran dari rumah meliput: a. Peran aktif terdiri dari pemberian bimbingan belajar, penghubung antara anak dengan guru, dan sebagai fasilitator; b. Peran partisipatif terdiri dari pemberian fasilitas belajar, memeriksa tugas belajar anak, dan mendampingi anak belajar; c. Peran pasif terdiri dari mengingatkan anak untuk disiplin dan mengingatkan anak untuk menerapkan hidup bersih dan sehat. 2) Faktor penghambat orang tua dalam pembelajaran dari rumah meliputi: a. Orang tua kurang memahami materi;  b. Kurangnya minat belajar anak dalam pembelajaran dari rumah. 3) Faktor pendukung orang tua dalam pembelajaran dari rumah meliputi: a. Tingkat pendidikan orang tua yang memadai; b. Materi mudah diakses di google dan youtube; c. Pemberian motivasi belajar kepada anak; d. Tersedianya fasilitas belajar yang memadai.

References

Bruce J. Biddle and Thomas. 1979. Role Theory Expectations, Identities, and Behaviors. Columbia, Missouri: The University of Missoury.

Burton, William H. 1944. The Guidance of Learning Activities. New York: Appleton- Century Coffs Inc.

Coleman M. 2013. Empowering Family-Teacher Partnership Building Connection within Diverse Communities. Los Angeles: Sage Publication. Hal: 25-27.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Hastomo, Aldila Siddiq. 2013. Efektivitas Media Pembelajaran E-learning Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Sma Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN.

Kajeng, I Nyoman dkk. 1997. Sarasamuscaya, dengan Teks Bahasa Sansekerta dan Jawa Kuna. Jakarta: Hanuman Sakti.

Saul, McLeod. 2018. Edward Thorndike The Law of Effect: Publications Ltd.

Schneider, Mark. 2002. Do school facilities affect Academic Outcomes: National Clearinghouse For Educational Facilities.

Soekanto, Soerjono. 2001. Sosiologi Sebagai Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia

Sukarma, I Nyoman. 2010. Peranan Orang Tua untuk Mewujudkan Anak Suputra Menurut Agama Hindu di Desa Suli Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi (tidak diterbitkan). Palu: STAH Dharma Sentana.

Sutarto. 2009. Dasar-Dasar Organisasi. Yogyakarta: UGM Press.

Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Metode Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Rosda Karya.

Thorndike, Edward Lee. 1913. Educational Psychology. New York: Teacher Collage Press, Vol. 1. ISBN: 0-8058-3682-9.

Turner, Jonathan. H. 1988. A Theory of Social Interaction. Stanford, California: Stanford University Press.

Wahidin. 2019. Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto: Jurnal PANCAR Vol 3 No 1, April 2019. ISSN : 2550-0619.

Wardani, Anita & Ayriza, Yulia. 2020. Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 No. 1, Agustus 2021. ISSN: 2549-8959.

Published
2021-12-30
How to Cite
Setiawan, I. K., Yasini, K., & Suparman, I. N. (2021). PERAN ORANG TUA SISWA HINDU SDN 2 TATURA DALAM PEMBELAJARAN DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 12(3), 238-254. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i3.428