FAKTOR PENGHAMBAT ADAPTASI MAHASISWA RANTAU DI KOTA PALU

Studi Kasus Lima Mahasiswa Hindu Asal Parigi Moutong

  • Agus Budi Wirawan STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • I Kayan Setiawan STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Faktor Penghambat, Adaptasi, Mahasiswa Hindu

Abstract

Kota Palu sebagai ibu kota sekaligus merupakan pusat pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah. Mahasiswa yang menuntut ilmu di Kota Palu, berasal dari berbagai daerah. Asal mahasiswa tersebut diantaranya adalah mahasiswa Hindu yang berasal dari Kabupaten Parigi Moutong. Namun, hidup merantau jauh dari orang tua menyebabkan mahasiswa Hindu harus menyesuaikan diri terhadap lingkungan tempat tinggalnya yang baru. Secara umum, kehidupan sosial di daerah asal mahasiswa Hindu adalah homogen. Sementara ketika merantau di Kota Palu, Mahasiswa Hindu harus berinteraksi dengan masyarakat heterogen dari berbagai aspek seperti suku, agama, ras dan latar belakang lainnya. Persoalan biaya hidup dan biaya kuliah, juga kerap menjadi hambatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah faktor penghambat adaptasi mahasiswa Hindu rantau asal Parigi Moutong di Kota Palu?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penghambat mahasiswa rantau di Kota Palu. Teori yang digunakan dalam membedah dua rumusan masalah tersebut adalah Teori Hierarki Kebutuhan Maslow. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) faktor penghambat yang dihadapi mahasiswa Hindu asal Parigi Moutong di Kota Palu meliputi biaya, jauh dari orang tua, interaksi dengan masyarakat atau relasi, tempat tinggal, menikah saat masih menempuh studi, cuti kuliah, kurangnya waktu istirahat, dan tugas akhir yang tertunda.

References

Blood, R.O. 1969. Marriage (2nd edition). New York: Free Press.

Lia Mareza dan Agung Nugroho. 2016. Minoritas di tengah Mayoritas (Strategi Adaptasi Sosial Budaya mahasiswa Asing dan Mahasiswa Luar Jawa di UMP). Jurnal Humaniora Vol. 2 No. 2. Program Studi Sosiologi.

Maslow, Abraham. H. 1943. A Theory of Human Motivation”, Psychological Review, Motivation and Personality. New York: Harper and Row.

Mumpuni, Restu Ayu. 2015. Memahami Adaptasi Budaya pada Pelajar Indonesia yang Sedang Belajar di Luar Negeri: Perpustakaan Online Universitas Diponegoro.

Nadiah Rusdi, Jamaluddin Hos, dan Sarpin. 2018. Adaptasi Sosial Mahasiswa Asli Papua dalam Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi. Jurnal Neo Societal Vol. 3 No. 1.

Published
2022-06-28
How to Cite
Wirawan, A., & Setiawan, I. K. (2022). FAKTOR PENGHAMBAT ADAPTASI MAHASISWA RANTAU DI KOTA PALU. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(1), 16-28. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i1.432