PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

  • Ni Made Mega Hariani STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Yulandariani Yulandariani STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Problematika, Pembelajaran IPA, Pandemi COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, problematika, dan solusi pembelajaran IPA pada masa pandemi COVID-19 di sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif deskritif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA pada masa pandemi COVID-19 di sekolah dasar khususnya kelas V SD Inpres 1 Talise dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan whatsApp group, problematika yang muncul yaitu adanya perbedaan tingkat pemahaman siswa, siswa tidak memiliki smartphone sendiri, keterbatasan kuota internet, faktor pendekatan pembelajaran dan kompetensi guru, keterbatasan guru dalam mengontrol berlangsungnya pembelajaran IPA, kurangnya motivasi siswa dalam belajar, kurangnya kerjasama orang tua dan siswa, akses jaringan internet yang kurang memadai, serta solusi yang ditempuh yaitu dengan melaksanakan proses pembelajaran sesuai aturan new normal dengan berpacu pada protokol kesehatan, pembelajaran berlangsung secara tatap muka di sekolah dengan membatasi jumlah siswa yang datang, penugasan dikumpul langsung ke sekolah, mengaktifkan kelompok belajar, tetap menjalin komunikasi dengan orang tua siswa, serta mengoptimalkan kompetensi yang dimiliki guru.

Published
2022-06-28
How to Cite
Hariani, N. M., & Yulandariani, Y. (2022). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(1), 39-53. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i1.434