SISTEM PENGELOLAAN PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK WIDYA KENCANA DI DESA MEKAR KENCANA KECAMATAN TOILI KABUPATEN BANGGAI PROVINSI SULAWESI TENGAH
Abstract
Berdasarkan PP No. 27 Tahun 1990, pendidikan TK bukanlah persyaratan untuk memasuki pendidikan dasar, namun kenyataannya anak-anak mengalami kesulitan untuk memasuki pendidikan Sekolah Dasar (SD), jika tidak menempuh pendidikan TK terlebih dahulu. Oleh sebab itu, umat Hindu di Toili, dalam hal ini adalah tokoh-tokoh umat, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), dan para pegawai negeri (guru) yang ada di Toili berusaha mendirikan pendidikan TK di Toili. Pendidikan TK tersebut eksis hingga sekarang ini, di tengah-tengah persaingan dengan TK yang terlebih dahulu berdiri. Penelitian ini menggunakan tiga teori yakni: 1) Teori Neo Klasik, dan 2) Teori Kompensasi, dan 3) Teori Kompetensi. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan TK Widya Kencana menerapkan proses-proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengontrolan (controlling). Usaha tersebut dilaksanakan dengan mendayagunakan komponen-komponen yang ada, seperti: 1) program kegiatan belajar dan kurikulum, 2) sarana prasarana, 3) pembiayaan/ keuangan, 4) kesiswaan, 5) kepegawaian, dan 6) masyarakat dan lingkungan. Faktor penghambat pengelolaan adalah: a) kompetensi tenaga pengajara, b) kompensasi kerja, c) minimnya sumber keuangan dan pandapatan lembaga. Sedangkan faktor pendukung pengelolaan adalah: a) internal: 1) keikhlasan tenaga pendidik, 2) adanya sarana prasarana yang memadai; b) eksternal: 1) dukungan umat sekitar, 2) kerja sama dengan lembaga lain.
References
Decenzo dan Robbin, 1999. Human Resources Managemen. Six Edition. New York: John Wiley an Sons, inc.
Depdikbud, 1998. Pedoman Supervisi TK. Jakarta: Depdikbud.
Hikmat, 2011. Manajemen Pendidikan. Pustaka Setia: Bandung.
Marzuki, Vol 1 No.1 April 2018. Sistem Pengelolaan Pendidikan Formal SMP Plus pada Panti Asuhan At-Thoiba Pekanbaru. IJIEM, hal. 12.
Mulyasa, 2014. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, 1996. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Prasetia, 2010. Manajemen Penyelenggaraan Kelompok Bermaian dan Taman Kanak-kanak Daycare Kreatif Komimo Yogyakarta. Skripsi. Yogkarta: FIP UNY.
Rochaety, dkk., 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusdiana, 2015. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Rusman, 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soekanto, 2003. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Subagiasta, Vol 2 No. 1 Maret 2019. Kajian Pendidikan Agama Hindu dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Indonesia. Maha Widya Bhuwana, hal.27.
Sutrisno, 2013. Manajemen Keuangan: Teori Konsep dan Apliksi. Yogyakarta: Ekonisia.
Terry, 1977. Principles of Management (seven edition) Homewood, Illionis: Richard D. Irwin. Ins.
Wanti, Innayah Aulida, 2017. “Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan di Mas Al Maksum Stabat Kabupaten Langkat”. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Wikipedia Bahasa Indonesia,” Manajemen”. 2019. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Manajemen (diakses tanggal 19 Agustus 2021).
Tulisan/artikel yang dimasukan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten. Tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi yang mereka dan bukan tanggung jawab Widyagenitri dan staff redaksi nya. Penulis utama (Pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua Izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.